Cara Penggunaan Laptop yang Baik dan Benar


Laptop memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan PC (Personal Computer), seperti praktis yang bisa dibawa kemana saja dan bisa bekerja menggunakan baterai selama 3 jam atau lebih. Saat ini sudah banyak orang yang memiliki laptop, apalagi bagi seorang Mahasiswa seperti saya ini. :D
Namun tidak semua pemilik laptop tahu bagaimana cara menggunakan laptop yang baik dan benar. Dari hasil bertanya ke Om Google dan pemahaman sendiri, akhirnya saya bisa share tentang “Cara Penggunaan Laptop yang Baik dan Benar” ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang membaca. ^^

-> Ditinjau dari Tata Letak
  • Jangan menyimpan laptop di lantai karena itu memungkinkan anda atau orang lain menginjaknya secara tidak  sengaja.


  • -> Ditinjau dari Tata Letak
    • Jangan menyimpan laptop di lantai karena itu memungkinkan anda atau orang lain menginjaknya secara tidak  sengaja.

      • Hati-hati saat memangku laptop. (takutnya nanti laptopnya jatuh) ;)

    -> LCD
    • Bersihkan layar laptop secara berkala menggunakan kain sutra halus.
    • Bila selesai menggunakan laptop, jangan langsung menutupnya. Karena panas yang keluar dari laptop dapat merusak LCD, biarkan sebentar sampai laptop tersebut tidak panas lagi baru menutupnya.
    • Jangan meletakkan kertas di atas Keyboard jika ingin menutupnya.

    -> Baterai
    • Sangat  dianjurkan bagi kita semua untuk tidak membuang sampah sembarangan menggunakan laptop pada saat pen-Charger-an karena dapat membuat kemampuan baterai menjadi lemah atau bahkan rusak.
    • Bila memang dalam keadaan mendesak untuk menggunakan laptop saat men-Charger, lepaslah kabel adaptor dari sumber listrik jika baterai sudah penuh, dan sambungkan kembali jika kekuatan baterai tinggal 20%.

    -> Gunakan Stabilizer
    • Sangat tidak baik jika kita menggunakan laptop dan menyambungkannya ke sumber listrik tanpa baterai, karena arus listrik akan langsung mengenai  Fatherboard Motherboard dan merusaknya secara perlahan namun pasti, karena adaptor laptop hanya berfungsi sebagai penghubung.
    • Untuk menanggulangi kasus di atas, kita dapat menggunakan stabilizer, karena dia dapat menstabilkan arus listrik sehingga tidak akan langsung mengenai motherboard, lebih baik lagi jika kita menggunakan stabilizer UPS (walaupun lebih mahal) karena stabilizer ini dapat menyimpan sedikit daya sehingga laptop kita tidak langsung mati jika listrik mati.

    -> Gunakan Kipas Pendingin
    • Jika ingin bekerja menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya menggunakan kipas pendingin agar suhu laptop tidak terlalu panas, karena suhu yang panas dapat merusak komponen dalam. tapi jangan juga dibiarkan laptop sampai terlalu dingin 
    Ada bonus tips ni,, ;)
    -> Lakukan Defrag Secara Teratur
    • Caranya dengan klik START -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Pilih Disk Defragmenter. Lakukan defrag untuk masing-masing partisi, dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, jika belum pernah melakukan defrag, maka hal ini akan cukup memakan waktu. Oh iya, defrag berfungsi untuk mempercepat kinerja hard drive, dan otomatis akan menghemat baterai Anda.
    -> Kurangi Cahaya dari Monitor 
    • Ini berguna untuk menghemat baterai Anda, atur cahayanya hingga sesuai dengan batas toleransi mata Anda.
    -> Tambahkan RAM
    • Jika Anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, sebaiknya Anda menambah RAM laptop Anda. Karena, penggunaan virtual memory lebih membebani hard drive sehingga baterai laptop cepat habis.
    Hmmmm,, dicukupkan sekian aja deh postingannya, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya, jangan lupa di praktekkan tuh. Thanks 4 reading,, :)

    special thanks to : http://michael-laregrage.blogspot.com & http://hambyah.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang Anda ketikkan sangat berarti bagi saya. ^^
Say NO!! to SPAM

About ME

Foto saya
Apa adanya dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Followers

Time